Jumat, 21 Oktober 2016

Kumpulan Puisi Religi Berbahasa Jawa Terbaru

Sekarang ini untuk mencari tugas sekolah tidaklah sulit,yang penting punya hp atau laptop dan kuota internet dan tinggal ketik apa yang kita inginkan trus klik semuanya sudah muncul tersaji untuk kita.Untuk saat ini dengan kemajuan teknologi bila ada tugas sekolah kita lebih suka mengunjungi mbah google dari pada dengan mengunjungi perpustakaan.Tetapi semuanya itu ada kelebihan dan kekuranganya masing-masing tinggal kita akan pilih yang mana,aku yakin semuanya halal.


Bila anda sedang mencari puisi berbahasa jawa atau geguritan religi dan tak mau repot-repot ke perpustakaan yang ada jam tutupnya,anda tepat telah mampir disini karena disini siap dikunjungi anda 24jam sehari dan 30 hari sebulan.
Disini puisi bahasa jawa atau geguritan religi yang kami sajikan tentang santri dan pondok pesantren.Mungkin bagi orang yang tidak pernah nyantri di pondok tak akan pernah tau bagaimana kehidupan di pondok pesantren.Maka dari itu kami akan menggambarkan sedikit kehidupan para santri dipondok lewat beberapa bait puisi berbahasa jawa.

Santri  biasanya di gunakan untuk menyebut seseorang yang menimba ilmu agama di suatu pondok pesantren.Tetapi pada era sekarang ini pondok pesantren tidak hanya khusus tempat belajar agama tetapi ada juga yang mengajarkan tentang pendidikan seperti sekolah pada umumnya.

baca juga:Puisi Rindu

Di sini kami telah menulis beberapa bait puisi berbahasa jawa dengan tema religi,mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menghibur kita semua. Tanpa banyak berbasa-basi langsung saja kita simak bersama-sama:



SANTRI

Ngaji,ngaji,ngaji
Isuk,awan lan wengi
Penggaweane poro santri

Nindake dawuh ora keno lali
Di lakoni kanthi iklase ati
Pangarep oleh berkahe pak kiyai

Ngudi ilmu agomo
Adoh dulur adohkeluargo
Botabote golek dalan suargo

Ora keno sambat
Senajan kroso angel lan abot
Amargo dadi sangu tembe ing  akherat

Saiki ing donyo
Digodog di gembleng rekoso
Mugo-mugo akherate di dohne soko geni neroko


NGIBADAH

Srengengene lingsir ngulon
Lakune katon alon-alon
Ninggalke semburat abang
Nggambar indah ing awing-awang

Keprungu bedug ngumandang
Suworo adzan ngajag sembahyang
Nandake maghrib wis wancine
Kabeh pakaryan di lerenke

Ayo ngibadah!!
Senajan awak sayah lan lungrah
Tinggalno urusan donyo
Kae keprungu timbalane Gusti Moho Kuoso

Nindake kuwajiban
Ojo nganti ketinggalan
Amargo kabeh ono piwalese
Tembe mburi ing akherate

Itulah beberapa bait puisi religi berbahasa jawa yang dapat kami tulis saat ini. Puisi-puisi di atas kami tulis untuk menyambut datangnya hari santri yang jatuh pada tanggal 22 oktober yang baru saja ditetapkan oleh pemerintah kita.


6 komentar: