Sabtu, 03 Januari 2015

Kumpulan Puisi Bahasa Jawa Tema Cinta dan Ketulusan

Sering banget kita mendengar istilah cinta itu buta.memang bener adanya,jika seseorang sedang dilanda cinta atau sering di sebut mabuk cinta maka mata hati dan logikanya akan di butakan oleh cinta,dan pada akhirnya tidak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk,mana yang boleh dan mana yang di larang.



Orang yang sedang di mabuk cinta selain di butakan mata hati dan logikanya ,telinganya juga akan turut di tulikan oleh cinta. Nasehat-nasehat dari orang-orang sekitarnya tak akan pernah di dengernya seakan-akan apa yang dilakukanya yang paling bener,padahal tanpa disadari kelakuanya telah melangar norma-norma yang berlaku.

 baca juga:geguritan tresno

Sedangkan setia merupakan teguh hati tak tergoda dengan segala godaan yang datang untuk memperoleh kebaikan,kebahagiaan bersama atas dasar saling mencintai walaupun jarak telah memisahkanya.

Banyak yang menganggap kesetiaan dan cinta buta itu sama,padahal kenyataanya amatlah jauh berbeda. Cinta buta di dasari nafsu cinta ingin memiliki sedangkan kesetiaan di dasari ketulusan cinta.

Di bawah ini telah kami tulis beberapa puisi tentang cinta dan kesetiaan,mudah-mudahan kita tetap setia pada pasangan masing-masing atas dasar ketulusan bukan nafsu cinta yang membutakan.




SENAJAN AKU


senajan ati kebak tatu

ora bakal owah kasetyan ku

senajan ati kebak loro

ora bakal janji cidro

senajan aku kudu ngenteni

sabar ngenteni sliramu mbukak ati

snajan mung koyo ngimpi 

dak singkirne kuciwo ing ati

opo sliramu ora kroso

yen aku nggegem roso tresno

senajan jiwo rogo iki kebak tatu

nanging ora bakal mandeg ing pangantu antu

pangarep nemu tresno sejati

senajan aku ngerti kabeh mau adoh soko pepesti



TANPO SLIRAMU


tanpo sliramu

sepi sing takrasakne

tanpo sliramu

donyo iki ora ono guyu

tanpo sliramu

donyo iki ora ono crito

tanpo sliramu

donyo iki tanpo makno

nglangut

koyo wektune tambah dowo

sejatine sliramu ono ngendi

neng kene aku ngenteni

aku kangen sliramu



POTRETMU


tulisan iki dadi tondho katresnanku

reroncean ukuro dadi bukti kasetyanku

duh wong ayu

aku mung biso nyawang potretmu

neng kene aku naleni katresnanku

esemu tansah ngawang-awang ing pangangen ku

wewayangan mu jejogetan ing netraku

duh wong ayu 

aku kangen sliramu

kapan aku biso nggegem tanganmu

mung potretmu dadi tombo roso kangenku


Kunjungi juga Blog puisi dan geguritan untuk memperoleh puisi-puisi yang lain atau ingin rileks sebentar dengan tersenyum manis atau juga tertawa ngakak maka silahkan mampir di Humor dan Cerita Lucu. Trimakasih atas kunjungan ke blok kami ini.



6 komentar: